Beberapa waktu belakangan telah terjadi aksi rusuh dan juga penjarahan yang terjadi di Chicago. Aski kejahatan ini terjadi mulai dari tengah malam hingga dini hari. Aksi rusuh dan penjarahan ini telah dilakukan oleh ratusan orang. Aksi ini diluncurkan di wilayah “Magnificent Mile”. Kawasan tersebut menjadi salah satu kawasan yang terbilang kelas atas. Wilayah ini berada di tengah kota Chicago sepanjang 2 Km kurang lebih. Wilayah ini dipenuhi bangunan seperti toko, restoran, hotel, kantor, dan berbagai bangunan lainnya. Kerusuhan yang terjadi ini disoroti berbagai pihak, salah satunya disoroti oleh KJRI Chicago.

KJRI mendapatkan laporan bahwa telah terjadi aksi rusuh dan penjarahan di kota Chicago. Laporan tersebut membuat KJRI berusaha mencari informasi mengenai masyarakat Indonesia yang berada di wilayah tersebut. KJRI menyebutkan bahwa warga Chicago dan warga negara Indonesia dalam keadaan yang aman setelah adanya kabar kerusuhan tersebut. KJRI bahkan memberikan himbauan kepada warga untuk menghindari beberapa wilayah yang rawan dengan aski penjarahan. Tempat yang sering menjadi wilayah tempat penjarahan lebih baik dihindari dalam beberapa waktu dekat ini. Aksi penjarahan yang terjadi di Chicago ini menimbulkan kerusakan dan kerugian, terutama untuk wilayah yang menjadi aksi penjarahan.

Dilaporkan bahwa sejumlah toko dan bangunan yang ada di wilayah penjarahan mengalami kerusakan. Beberapa tempat yang mengalami kerusakan adalah seperti Apple Store, Nordstrom, Binny’s, dan Best Buy mengalami pengerusakan. Tentu saja kejadian ini menimbulkan kerugian pada pemilik toko. Kejadian ini lantas menarik perhatian aparat sekitar dimana langsung melakukan penjagaan di sekitar wilayah penjarahan. Para aparat juga menghimbau agar warga tidak mendekat ke tengah kota Chicago untuk saat ini. Warga diminta untuk selalu memperhatikan himbauan yang telah diberikan aparat demi kebaikan semua warga yang ada di wilayah tersebut. Kejadian penjarahan ini membuat jalur menuju tengah kota Chicago menjadi ditutup untuk beberapa waktu.

Walaupun warga sudah dihimbau untuk tidak datang ke tengah kota namun aparat mengantisipasi warga yang bandel dengan menutup jalur masuk kota Chicago. Ditutupnya jalur transportasi menuju kota Chicago menjadi pilihan terbaik saat ini. Jalur transportasi yang ditutup adalah seperti jalur bis maupun kereta yang menuju Chicago. Penutupan akses menuju kota Chicago hanya dilakukan sementara saja hingga suasana menjadi lebih aman. Kejadian kerusuhan di Chicago ini tidak pertama kali terjadi namun sudah terjadi beberapa kali. Kembali terjadinya aksi penjarahan ini membuat warga menjadi resah. Penyebab terjadinya kembali aksi rusuh dan penjarahan ini belum diketahui.

Aksi Penjarahan Terjadi Kembali di Chicago

Aksi rusuh dan penjarahan yang terjadi membuat banyak pihak penasaran dengan penyebabnya. Sebuah informasi menunjukan bahwa telah terjadi aksi tembak menembak dikawasan Englewood yang berjarak 13 km dari kawasan selatan kota Chicago. Kejadian tembak menembak ini terjadi antara aparat dengan para pelaku kejahatan. Kejadian ini berlangsung beberapa waktu hingga membuat suasana menjadi sangat tegang. Kejadian ini mampu membuat sejumlah orang yang berada di lokasi mengalami luka. Bahkan para pelaku yang melakukan aski rusuh juga mendapatkan luka. Aparat berusaha menghentikan aksi rusuh yang dilakukan artusan orang pada malam hari tersebut. Aksi rusuh tidak hanya dalam bentuk tembak menembak namun juga adanya kegiatan merusak bangunan yang ada di wilayah terebut. Kejadian ini sangat disayangkan oleh beberapa pihak.

Warga yang mengetahui aski penjarahan tersebut merasa marah. Mereka semua berkumpul dan melakukan aksi penyerangan kepada aparat. Sejumlah aparat yang berada di lokasi penjarahan mengalami luka dan beberapa fasilitas milik aparat dirusak. Kendaraa polisi menjadi sasaran warga yang merasa marah dengan aski penjarahan tersebut. Kejadian ini lantas menarik perhatian dari Walikota Lightfoot dimana dirinya menyebutkan bahwa aksi penjarahan ini termasuk sebuah pelanggaran pidana. Para pelaku yang terlibat dari aksi penjarahan tersebut bisa ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku. Hal ini disampaikan secara langsung kepada Walikota beberapa waktu yang lalu.

Kejadian penjarahan yang terjadi kali ini menghancurkan usaha pemerintah dalam mengembalikan keadaan ekonomi yang ada di Chicago. Tengah diresahkan dengan adanya wabah virus corona membuat perekonomian diberbagai negara menjadi menurun, Chicago berusaha untuk bangkit untuk mengembalikan tingkat perekonomian yang baik. Adanya kejadian penjarahan ini mampu menghancurkan usaha yang tengah dibangun untuk memperbaiki status perekonomian. Walikota menghimbau para warga untuk untuk memberikan keterangan jika mengetahui kejadian pejarahan tersebut.

Setelah dihimbau untuk memberikan keterangan, sudah ada 100 orang terlibat dalam aksi penjarahan ditangkap aparat. Untuk pelaku lainnya masih dalam pencarian dan akan diusut hingga akhir. Penjarahan yang terjadi kali ini memang sangat memprihatinkan. Sudah saatnya kota Chicago mengembalikan keadaan perekonomian setelah adanya kegiatan karantina. Hancurnya beberapa pertokoan dan bangunan menjadi pengambat pengembalikan status ekonomi.